TanamDuit – Aplikasi Reksa Dana

Salah satu platform untuk berinvestasi di reksa dana yang sering digunakan oleh sejumlah besar orang di Indonesia adalah aplikasi yang dikenal sebagai Tanamduit.

Dengan nomor lisensi KEP-13 / PM.21/2017, Otoritas Jasa Keuangan bertugas mengawasi platform keuangan digital milik PT Star Mercator Capitale ini. Telah terdaftar sebagai Agen Penjual reksa dana (APERD), dan berada di bawah pengawasan mereka.

Apa yang membedakan aplikasi ini dari yang lain dan mengapa saya harus memilihnya? Review-nya MediaPost sajikan di sini.

Aplikasi Tanamduit Aplikasi Reksadana

Manfaat memanfaatkan aplikasi Tanamduit

  1. Baik aplikasi TanamDuit maupun situs web memiliki tampilan yang ramah dan lugas.
  2. Dalam aplikasi seluler, platform menyediakan opsi untuk asuransi dan investasi.
  3. Platform ini mendukung sejumlah metode pembayaran yang berbeda, termasuk dompet elektronik, transfer bank, dan beberapa lainnya.
  4. Prosedur untuk mendaftar membutuhkan waktu yang sangat sedikit dan sangat sederhana.
  5. Berinvestasi di Tanamduit dapat dimulai dengan biaya yang sangat rendah, yang setara dengan 10.000 Rupiah
  6. Tidak ada biaya transaksi yang akan dikenakan saat membeli sekuritas pemerintah atau membeli dan menjual reksa dana.
  7. Platform layanan pelanggan memiliki tingkat respons yang tinggi, memungkinkan komunikasi yang efektif dengan pengguna.
  8. Termasuk konten pendidikan di halaman pertama aplikasi, seperti tutorial investasi dan pembelian polis asuransi, antara lain.
BACA JUGA:   Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun 3D

Tanamduit adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk investasi yang cukup sederhana bahwa bahkan orang awam dapat memahami bagaimana menggunakannya. Ini adalah prosedur yang harus diikuti untuk menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini mencakup varietas berikut reksa dana:

  • Ada berbagai macam reksa dana yang tersedia untuk dibeli oleh investor. Apa maksudmu dengan itu? Aplikasi TanamDuit akan memberi Kalian akses ke berbagai opsi reksa dana; berikut ini adalah beberapa opsi tersebut.
  • Reksa dana yang berinvestasi di pasar uang biasanya memiliki investasi dengan jangka waktu kurang dari satu tahun dan memiliki profil risiko rendah. Reksa dana pasar uang dapat berinvestasi dalam berbagai instrumen keuangan, termasuk deposito berjangka, sertifikat yang diterbitkan oleh Bank Indonesia (SBI), surat berharga pasar uang (SBPU), dan banyak lainnya.
  • Reksa dana pendapatan tetap adalah investasi yang menempatkan setidaknya 80 persen aset mereka ke dalam obligasi atau sekuritas utang lainnya. Sekuritas ini dapat mencakup obligasi perusahaan atau pemerintah. Ini adalah reksa dana yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang konsisten.
  • Reksa dana campuran adalah reksa dana berisiko tinggi yang bekerja dengan mengalokasikan dana investor ke berbagai instrumen (kombinasi) investasi saham dan obligasi dalam portofolio dana. Instrumen ini dapat mencakup saham, obligasi, dan kendaraan investasi lainnya.
  • Reksa dana ekuitas, yang merupakan jenis dana yang menginvestasikan setidaknya 80 persen dari dana mereka dalam saham dan merupakan instrumen keuangan yang memberikan hasil tertinggi, adalah jenis dana yang harus dicari investor.
BACA JUGA:   Aplikasi Kinemaster - Download dan Review Aplikasi Edit Video Terbaik

 

Panduan untuk berinvestasi

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu diambil untuk berinvestasi di platform ini.

  1. Buat akun di sistem menggunakan alamat email Kalian sebagai metode verifikasi. Prosedurnya cukup sederhana; semua yang diperlukan dari Kalian adalah mengunduh aplikasi, setelah itu Kalian akan diminta untuk memasukkan alamat email dan kata sandi Kalian. Setelah itu, buka email dan cari kode verifikasi yang dikirimkan aplikasi kepada Kalian.
  2. Setelah akun Kalian divalidasi, langkah selanjutnya dalam proses menyiapkan akun investasi adalah mengunggah pilihan dokumen pendukung. Aplikasi TanamDuit membutuhkan sejumlah dokumen yang berbeda, seperti E-KTP dan buku-buku dari rekening bank pemohon. Periksa untuk melihat bahwa nama pada SIM dan yang ada di rekening bank adalah sama.

    Membuat akun ini akan menjadi proses yang memakan waktu. Harap bersabar. Membuat akun investasi, di sisi lain, hanya akan memakan waktu beberapa jam jika Kalian sudah memiliki SID (identifikasi Investor tunggal) dan IFUA (akun unit dana Investor).

  3. Langkah penting berikutnya adalah menyelesaikan aplikasi dengan mengisi kuesioner profil risiko yang termasuk di dalamnya. Pada platform ini, reksa dana dapat memiliki salah satu dari tiga profil risiko yang berbeda: baik Profil konservatif (Rendah), Sedang (Sedang), atau agresif (tinggi).

    Satu-satunya hal yang dapat dianggap sebagai rekomendasi terkandung dalam kuesioner ini. Ini menunjukkan bahwa aplikasi akan menyediakan reksa dana sesuai dengan profil risiko investor di masa depan. Akibatnya, investor tidak akan terkejut dengan pergerakan harga produk pilihan mereka di masa depan.

  4. Setelah itu, Kalian dapat memilih produk reksa dana yang disediakan oleh platform. Sebagai catatan, aplikasi TanamDuit memiliki lebih dari 100 produk reksa dana dari berbagai Manajer Investasi.

Menjual Reksa Dana

Untuk menjual produk reksa dana yang telah kalian Beli Dalam Aplikasi TanamDuit, Berikut adalah langkah-langkah yang harus Kalian ambil.

  • Masuk ke akun pribadi Kalian, lalu klik portofolio di halaman utama. Kemudian klik jual pada produk yang ingin Kalian jual.
  • Setelah itu, masukkan jumlah unit yang ingin Kalian jual, dan pilih rekening bank sebagai penerima.
  • Platform akan meminta pengguna untuk menyetujui prospektus dan Lembar Fakta reksa dana. Jika Kalian setuju, periksa dan konfirmasi.
  • Kemudian sistem akan mengirimkan kode One Time Password (OTP) ke email Pengguna, masukkan kode tersebut ke dalam field, dan klik verify.
  • Jika sudah diverifikasi, pengguna hanya perlu menunggu hingga platform selesai memproses dan memberikan notifikasi terkait dana yang telah ditransfer.