6 Cara Melacak HP Hilang yang Sudah Di Reset

Apakah Sobat MediaPost pernah mengalami kehilangan HP? Jika itu terjadi, Sobat MediaPost pasti bingung tentang cara untuk melacak Hp kalian yang hilang. Terutama jika ponsel tidak dapat dihidupkan kembali.

Ponsel adalah perangkat pribadi yang sangat penting di era digital saat ini.

Ponsel atau smartphone sering hilang karena berbagai alasan, dan ini adalah kejadian yang tidak dapat dihindari. Ngga ada salahnya membuang waktu untuk mencari ponsel yang hilang meskipun pada akhirnya menyerah dan membeli yang baru.

Sobat MediaPost pasti penasaran bagaimana cara melacak ponsel yang hilang jika baterai sudah mati atau bahkan hp yang hilang sudah direset. Apakah mungkin untuk mengambil ponsel yang hilang, seperti saat dicuri atau dijatuhkan? Jawaban yang benar adalah ” ya, Mungkin saja.”

Sobat MediaPost dapat melacaknya dengan bantuan ponsel lain, GPS, atau aplikasi yang melacak keberadaan kalian. Lalu, apa tindakan atau prosedur yang perlu dilakukan untuk menemukan ponsel yang hilang atau dicuri?

Perlu diketahui bahwa kondisi yang paling sulit untuk melacak smartphone yang hilang adalah di mana ponsel dimatikan. Namun, Kalian tidak perlu khawatir karena artikel berikut akan menunjukkan banyak metode berbeda yang dapat digunakan untuk melacak ponsel yang hilang yang tidak aktif.

Cara Melacak HP yang hilang

Berikut ini adalah cara untuk melacak hp yang hilang, Baik on maupun off, yang dapat Kalian praktikkan. Tetap bersamaku sampai akhir, oke?

1. Menggunakan Email untuk mencari handphone yang hilang

Pelacakan email adalah opsi yang layak, terutama jika OS atau smartphone Android yang dimaksud telah dimatikan. Periksa untuk melihat apakah alamat email yang Kalian gunakan sama dengan yang disimpan di handphone yang hilang.

Salah satu fitur yang disertakan dalam sistem operasi Android Google adalah kemampuan untuk menggunakan email untuk menemukan ponsel yang hilang. Ada sejumlah tindakan yang dapat diambil untuk melacak ponsel yang hilang melalui email. Ikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam paragraf berikut untuk menemukan ponsel yang hilang melalui email.

BACA JUGA:   Razer Rilis Kishi V2, Produk Controller untuk Smartphone Terbaru

Setelah membuka halaman Gmail di situs web, ketikkan nama akun email yang saat ini disiapkan di perangkat seluler. Disarankan agar Kalian melakukan pencarian untuk tahap ini di komputer laptop. Setelah itu, pilih opsi “next”, dan lakukan prosedur yang tercantum di bawah ini.

  • Setelah Kalian memasukkan kata sandi untuk akun email Kalian, pilih opsi” berikutnya”.
  • Setelah Kalian berhasil masuk, pilih ikon dengan sembilan titik yang terletak di sudut kanan atas layar.
  • Kalian kemudian dapat menggulir ke bawah setelah masuk ke Akun Google Kalian atau Akun Google lain, mana pun yang Kalian suka.
  • Di layar Kalian, Kalian akan melihat sejumlah kemungkinan berbeda.
  • Kalian memiliki pilihan untuk pergi langsung ke menu” Cari telepon Kalian”.
  • Setelah itu, pilih ponsel yang hilang.
  • Untuk mencari sesuatu, pilih opsi menu “temukan”.
  • Setelah itu, layar Kalian akan secara otomatis beralih ke antarmuka Google Maps.
  • Google Maps akan dapat menunjukkan lokasi perangkat seluler Kalian.

Untuk melacak ponsel Kalian menggunakan email, Kalian memerlukan gadget yang memiliki baterai terisi penuh. Mengapa? Karena mengirim dan menerima email menggunakan daya tahan baterai yang besar saat melacak ponsel yang hilang.

2. Melacak Handphone yang Hilang dengan Akun Khusus

Pengguna output pabrik tertentu memenuhi syarat untuk fitur yang memungkinkan mereka melacak ponsel yang hilang menggunakan akun khusus. Setiap ponsel menggunakan metode perlindungan uniknya sendiri. Berikut ini adalah penjelasan tambahan yang diberikan oleh produsen mengenai cara menemukan ponsel yang hilang atau dicuri.

Mi Account

Metode penelusuran ponsel ini bisa digunakan bagi Kalian yang menggunakan Xiaomi. Untuk mengakses situs web Mi Cloud melalui browser web, klik tautan ini. Hal berikut yang perlu Kalian lakukan adalah masuk dengan Akun Mi menggunakan informasi yang sesuai dengan smartphone yang hilang.

Setelah itu, masukkan password atau kata sandi, klik opsi “Cari perangkat”, dan Hapus data jika smartphone telah ditemukan. Jika belum ditemukan, ulangi Langkah 1 dan 2. Setelah itu, Kalian akan dapat menempatkan smartphone dalam keadaan yang dikenal sebagai ” Mode Hilang.”

BACA JUGA:   Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor Telepon

Samsung ID

Kalian dapat menggunakan cara ini untuk melacak smartphone yang ditandai dengan Samsung dengan mengunjungi situs web Samsung. Kalian dapat menemukan smartphone saya di sini. Hal berikutnya yang perlu Kalian lakukan adalah memasukkan ID smartphone yang hilang.

Kalian kemudian akan diminta untuk mengklik opsi “setuju” yang ditampilkan di layar setelah membaca dan menerima semua informasi hukum yang disediakan Samsung. Setelah itu selesai, program Samsung Find My Mobile akan memberikan posisi terbaru dari perangkat seluler Kalian.

Selain itu, aplikasi Samsung Find My Mobile dapat menentukan berapa banyak masa pakai baterai yang tersisa di ponsel selain memberikan informasi tentang jaringan yang saat ini terhubung. Selain itu, Kalian memiliki opsi untuk mengunci perangkat, menghapus data, atau mengaktifkan peringatan.

iCloud

Kalian dapat mempelajari lebih lanjut tentang iCloud dan cara kerjanya untuk melacak iPhone dan perangkat seluler lainnya dengan membuka halaman web ini. Langkah berikutnya mengharuskan Kalian untuk langsung masuk menggunakan ID Apple yang dikaitkan dengan ponsel yang hilang. Setelah itu, Kalian akan dapat memilih opsi untuk “lewati Otentikasi dua faktor.”

Setelah itu, pilih opsi” Temukan iPhone saya ” untuk melanjutkan dengan menemukan perangkat seluler Kalian yang hilang. Setelah lokasi ditemukan, Kalian akan memiliki kemampuan untuk mengendalikan ponsel Kalian dan melakukan tindakan seperti mengaktifkan Mode Hilang, membunyikan alarm, atau menghapus data.

3. Melacak Hp yang hilang saat berada dalam keadaan mati

Melacak Hp Yang Hilang Saat Berada Dalam Keadaan Mati

Ketika Kalian mencoba untuk melacak Hp hilang melalui e-mail, Kalian akan dibawa ke Google Maps. Namun, bagaimana seseorang bisa melacak Hp yang hilang yang telah dimatikan?

Kalian dapat segera memulai pencarian Hp yang hilang dengan menggunakan aplikasi Google Maps di perangkat Kalian. Prosedurnya cukup sederhana. Saat mencari Hp yang hilang, Kalian dapat menggunakan berbagai fungsi Google Maps, seperti daftar bisnis, Arah Mengemudi Lokasi saya, dan sebagainya. Alat-alat ini dapat membantu Kalian menemukan perangkat lebih cepat.

Berikut ini adalah panduan yang akan menunjukkan cara memantau Android Menggunakan Google Maps.

  • Meluncurkan aplikasi Google Maps adalah hal pertama yang perlu Kalian lakukan.
  • Setelah itu, Kalian akan memiliki pilihan untuk memilih “pengaturan” atau “pengaturan.”
  • Setelah itu, pilih item menu “Bagikan lokasi” dari menu tarik-turun.
  • Setelah itu, Kalian akan diberikan opsi untuk memilih waktu pelacakan atau perkiraan waktu kerugian.
  • Setelah itu, pilih opsi” orang”, lalu masukkan alamat email bersama dengan nomor ponsel yang sebelumnya diinstal.
  • Pertama, pilih opsi” Bagikan “dari menu tarik-turun, lalu klik opsi” Aktifkan”.
  • Tahap terakhir, yaitu menunggu selama dua puluh empat jam untuk mencari tahu di mana ponsel yang hilang sehingga dapat dilacak,
BACA JUGA:   Apakah Koneksi Internetmu Lambat? Cara Mempercepat Jaringan WiFi di HP

Jika Kalian tidak ingin mengikuti teknik yang diuraikan di atas, Kalian masih memiliki pilihan lain yang dapat diakses oleh Kalian jika Kalian ingin melacak telepon yang hilang yang mati. Periksa prosedur yang dirinci di bawah ini, silakan.

  • Buka aplikasi Google Maps di perangkat seluler yang akan berfungsi sebagai dasar untuk pelacakan ponsel.
  • Langkah berikut adalah mengklik ikon yang terlihat seperti tiga garis dan ditemukan di sudut kiri atas layar.
  • Selanjutnya, masuk ke akun seluler Kalian yang hilang dengan memilih opsi “Tambah akun” dari menu.
  • Setelah itu, Kalian dapat memilih opsi “timeline Kalian” dengan menekan ikon “hamburger” untuk kedua kalinya dan memilihnya dari menu yang muncul.
  • Google akan segera mulai melacak aktivitas Kalian.

Selain itu, Kalian dapat menentukan lokasi ponsel yang hilang bahkan setelah dimatikan dalam beberapa hari dengan menekan ikon yang terlihat seperti kalender.

4. Melacak ponsel yang hilang melalui  WhatsApp

Cara Melacak Hp Yang Hilang

Jika Kalian salah meletakkan ponsel dan ingin menemukannya menggunakan WhatsApp, ikuti langkah-langkah ini.

  • Hal pertama yang harus Kalian lakukan adalah buka aplikasi Whatsapp di perangkat Kalian.
  • Langkah selanjutnya adalah mencari kontak atau nomor Whatsapp yang sedang dicari.
  • Setelah itu, Kalian akan dapat memasuki ruang obrolan dengan mengklik kontak atau nomor yang Kalian cari.
  • Langkah berikut adalah bagi Kalian untuk memilih lampiran atau melampirkan ikon pada layar.
  • Setelah itu, sejumlah opsi, termasuk dokumen, galeri, kamera, audio, lokasi, dan kontak, akan dapat diakses oleh Kalian.
  • Untuk berbagi lokasi saat ini, Kalian dapat melakukannya dengan memilih simbol lokasi langsung dari menu.
  • Kalian akan disajikan dengan kotak informasi lanjutan setelah Kalian memilih opsi untuk ” bagikan lokasi saat ini.”
  • Setelah itu, lokasi bersama akan diberikan ke kotak.
  • Kalian dapat melanjutkan dengan memilih opsi yang ditampilkan di layar bertuliskan “lanjutkan.”
  • Ketika kotak yang bertuliskan” periode waktu opsional ” muncul, berbagi lokasi akan mulai berlaku.
  • Setelah itu, Kalian memiliki opsi untuk memilih “next” dan memilih waktu berbagi lokasi yang berlangsung paling lama, yaitu 8 jam.
  • Setelah Kalian kembali ke saluran obrolan, Kalian akan dapat mengidentifikasi lokasi yang dibahas bersama dengan nomor Whatsapp yang hilang.
  • Kotak ” Lokasi saat ini “dapat dipilih dengan mengeklik lokasi yang Kalian Bagikan di kotak pilihan, lalu mengeklik kotak” Lokasi saat ini”.
  • Lokasi Kalian akan ditampilkan di perangkat seluler penerima, dan secara otomatis akan ditempatkan menggunakan informasi yang Kalian berikan.
  • Setelah itu, pilih opsi” terima petunjuk arah”, lalu mulai masuk ke Akun Google Maps Kalian.
    Google Maps akan mengarahkan Kalian ke arah yang benar untuk menemukan posisi ponsel yang hilang.
BACA JUGA:   Download Aplikasi Android Kaspersky Battery Life Dan Ulasan

5. Melacak Hp yang hilang menggunakan IMEI

Singkatan IMEI, yang merupakan singkatan dari “International Mobile Equipment Identity,” adalah nomor khusus yang disimpan di setiap perangkat seluler. Kalian harus tahu bahwa karakteristik dasar IMEI tidak dapat diubah atau diberantas dengan cara apa pun.

Ketika Kalian membeli telepon, sangat penting bahwa Kalian memeriksa nomor IMEI. Mengapa? Sangat penting bahwa Kalian melakukan langkah ini untuk menjamin bahwa ponsel yang Kalian beli tidak akan menjadi produk atau perangkat yang melanggar hukum.

IMEI tidak hanya membantu untuk menentukan apakah perangkat seluler Kalian sesuai dengan hukum, tetapi juga berfungsi sebagai alat untuk menentukan keberadaan perangkat seluler yang hilang atau dicuri. Kalian perlu mengambil sejumlah tindakan yang sangat spesifik untuk melacak ponsel yang hilang menggunakan nomor IMEI-nya.

Penyedia layanan seluler akan menjadi orang yang berpartisipasi dalam proses melacak ponsel yang hilang. Pertemuan ini akan membantu Kalian dalam menentukan posisi umum ponsel yang hilang.

Dapat dikatakan bahwa menggunakan IMEI untuk menemukan perangkat seluler yang hilang adalah metode yang paling aman karena informasi yang terkandung di dalamnya akan terjaga dan diamankan dengan baik. Harus ditekankan bahwa sangat penting bagi Kalian untuk memasukkan nomor IMEI ponsel ke memori.

Setelah Kalian memiliki informasi ini, Kalian akan dapat menghubungi pusat layanan pelanggan dari penyedia seluler yang sedang Kalian gunakan. Jika Kalian memiliki nomor IMEI dari telepon yang hilang, Kalian dapat mengirimkannya ke dukungan pelanggan. Kalian kemudian akan dapat menentukan lokasi telepon menggunakan metode ini.

BACA JUGA:   Aplikasi Penghemat Baterai untuk Hp Android Terbaik

6. Menemukan handphone yang hilang dengan bantuan Google ADM

Melacak Hp Yang Hilang

Apa itu Google ADM? Google Android Device Manager, juga dikenal sebagai Google ADM, adalah aplikasi default yang disediakan oleh Google dan dapat diakses secara gratis untuk mengidentifikasi keberadaan perangkat seluler yang hilang atau dicuri.

Untuk memanfaatkan Google ADM, perangkat seluler yang Kalian coba temukan harus mempertahankan koneksi GPS yang terus aktif. Sementara itu, proses pelacakan itu sendiri hanya dapat dilakukan pada perangkat seluler yang beroperasi di platform Android.

Periksa langkah-langkah yang tercantum di bawah ini+

  • Kalian dapat masuk ke ADM dengan Akun Google menggunakan berbagai perangkat yang berbeda, termasuk ponsel, desktop, dan bahkan tablet.
  • Semua yang diperlukan dari Kalian adalah memasukkan ID dan kata sandi Kalian, atau kata sandi gmail Kalian.
  • Setelah itu, pilih “terima” dari daftar opsi.
  • Setelah itu, Kalian akan dapat melihat nama perangkat seluler yang terkait dengan alamat email yang digunakan.
  • Langkah berikut mengharuskan Kalian mengklik nama smartphone atau ponsel yang hilang.
    Setelah itu, peta akan memuat menunjukkan posisi ponsel yang hilang atau tempat itu terakhir terlihat.
  • Jika ADM tidak muncul, penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa ada masalah dengan sistem, yang menyebabkan panggilan telepon Kalian terputus atau menjadi benar-benar sunyi.
  • Kalian masih dapat mencoba pendekatan ini, meskipun menggunakannya untuk melacak lokasi ponsel yang hilang tidak akan sesukses Menggunakan Google Maps.

Kalian juga dapat melacak Android dengan sejumlah aplikasi yang berbeda selain metode yang telah dibahas di atas. Berikut ini adalah daftar aplikasi yang dapat digunakan oleh Kalian untuk menemukan perangkat seluler yang hilang, seperti ponsel.

  1. Family Locator
  2. Life360
  3. Lost Phone Tracker
  4. Where’s My Droid

Itulah metode yang dapat Sobat Mediapost gunakan untuk menemukan ponsel yang hilang atau dicuri. Meskipun demikian, Kalian tetap harus sangat hati-hati karena, di zaman sekarang ini teknologi digital, hampir setiap aktivitas bergantung pada telepon. Semoga bermanfaat