8 Ide Bisnis untuk Pemula

8 Ide Bisnis untuk Pemula yang Mudah Dijalankan

Ada 8 jenis ide bisnis atau usaha untuk pemula yang menjanjikan dan mudah untuk memulai. Bagi pendatang baru, dunia bisnis seperti hutan belantara; kalian memerlukan panduan dan strategi untuk memulai.

Ada banyak ide bisnis yang bisa kalian mulai, tetapi memilih bisnis yang tepat untuk kalian yang baru memulai membutuhkan pertimbangan yang matang.

Untuk berhasil di sektor korporasi, kalian harus memiliki keahlian bisnis. Pada kesempatan kali ini, MediaPost akan mengulas 8 macam bisnis yang mudah dijalankan untuk pemula.

8 Macam bisnis yang mudah dijalankan untuk pemula.

1. Menjadi pemilik waralaba/Franchaise

Pertama, mari kita definisikan apa yang tersirat dari fanchaise dalam konteks ini. Untuk memulai, kalian harus mendaftar dengan pemilik bisnis, yang kemudian akan mendapat lisensi untuk menjual produk dalam waralaba.

Untuk yang lebih berpengalaman, kalian dapat memulai bisnis waralaba kalian sendiri dan menjual izin usaha kalian kepada orang-orang yang ingin berkolaborasi dan menjual pemikiran dan produk bisnis kalian.

Bagi kalian yang baru mengenal bisnis, ini adalah rekomendasi pertama kami. Salah satu keuntungan dari bisnis waralaba adalah kita tidak perlu khawatir untuk berinovasi atau mengelola bisnis yang rumit.

Pemula bisa mendapatkan keuntungan dari sistem fanchaise ini dengan belajar bagaimana mengelola bisnis dan mengembangkan bisnis.

Tips cara memilih bisnis waralaba;

  • Pilih seseorang yang dapat kalian percayai.
  • Pilih  konsep yang berbeda.
  • Pilih  layanan yang sangat baik dan manajemen inovasi produk.
  • Sesuaikan dengan konteks di mana kalian akan meluncurkan bisnis kalian.
  • Pilih paling sesuai dengan anggaran bisnis kalian.
BACA JUGA:   5 Cara Menghilangkan Gangguan Indihome dan Nikmati Internet Lebih Cepat

2. Jual Aksesoris Smartphone

Kebutuhan smartphone antara lain aksesoris seperti casing, lapisan anti gores, waterproofing, headphone, dan lain sebagainya.

bisnis Jual Aksesoris Smartphone

Karena hampir semua orang memiliki smartphone, menjual aksesoris smartphone mungkin bisa menjadi bisnis yang menggiurkan. Bisnis smartphone sangat cocok bagi Kalian yang baru memulai bisnis karena sederhana dan tidak memerlukan keahlian khusus.

3. Jual Beli Pulsa

Bisnis Jual Beli Pulsa

Jika kalian memiliki modal yang cukup, kalian dapat membuka beberapa loket kredit di lokasi yang berbeda secara bersamaan. Misalnya, di sekitar pasar atau universitas.

Menjual pulsa adalah bisnis yang menurut saya sangat cocok untuk pendatang baru. Itu tidak memerlukan banyak keahlian.

4. Makanan Ringan/Camilan

Kalian yang baru mengenal bisnis mungkin masih bimbang tentang bisnis mana yang tepat untuk kalian. Ide Bisnis makanan ringan, misalnya, adalah pilihan yang sangat baik bagi pendatang baru.

kalian yang bisa membuat Makanan Ringan/Camilan akan sangat diuntungkan. kalian yang tidak ingin membuatnya sendiri bisa membelinya dari produsennya.

bisnis jual Makanan ringan cemila untuk pemula

Camilan merupakan makanan yang sering dikonsumsi. Bisnis ini bisa menjual banyak produk, dan ini adalah pilihan yang bagus untuk memulai jika Kalian seorang pemula. Sebagai usaha sampingan, Kalian bisa mulai berjualan makanan ringan. Sebagai alternatif, Kalian dapat memproduksi sendiri dalam skala kecil hingga menengah.

 

Ciptakan sajian makanan yang menarik, kemasan yang menarik, harga yang bersaing, dan tentunya rasa yang menggugah selera.

BACA JUGA:   4 Cara Cek Nomor Smartfren, Bagi Kamu Yang Belum Tahu

Jika Kalian tidak membuatnya sendiri, siapkan makanan ringan di rumah dan jual ke teman Kalian secara online dan offline.

5. Jualan baju online wanita dan anak-anak

Ide Bisnis yang paling mudah adalah bisnis yang melayani ibu dan anak. Karena dua alasan: pertama, wanita senang berbelanja, dan kedua, anak kecil biasanya masih bergantung pada ibu mereka.

Jualan baju online untuk pemula

Pemula dapat dengan mudah memulai bisnis penjualan fashion wanita dan perlengkapan anak-anak.

Kalian dapat menemukan pemasok di pasar tekstil seperti pasar tekstil Tanah Abang Jakarta, pasar tekstil gubug Tegal Cirebon, atau pasar besar seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Kalian dapat membuat toko offline atau mengubah rumah Kalian menjadi fasilitas penyimpanan. Kalian dapat menjual di situs media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Dapatkan keuntungan minimal 30% dari harga beli awal. Misalnya, jika Kalian membeli sesuatu seharga 10.000 rupiah, Kalian dapat menjualnya dengan harga 14.000.

6. Dropshipping

Apa sebenarnya dropship itu? Dropshipping adalah cara menjual barang milik orang lain (produsen) kepada konsumen tanpa mengetahui kondisi barang tersebut. Barang diangkut langsung dari produsen ke klien atas nama Kalian, dan Kalian bertindak sebagai mediator.

Bisnis Dropshipping untuk pemula

Kalian dapat mencari pemasok yang telah menyiapkan sistem dropshipping atau menggunakan pasar besar seperti Tokopedia dan Bukalapak untuk mencari pemasok.

Karena modal yang diinvestasikan pada dasarnya tidak ada, sistem dropshipping sangat menguntungkan. Untuk promosi, Kalian hanya membutuhkan smartphone dan akun media sosial.

 

Saat menghadapi pertanyaan dari calon konsumen, penjualan melalui sistem dropship membutuhkan kesabaran. Agar efektif dalam jual beli metode dropship, Kalian harus mempelajari apa yang kalian jual.

BACA JUGA:   Jokowi Meminta Kadin untuk merinci implementasi transformasi ekonomi

Kalian tidak membutuhkan stok, sehingga tidak diperlukan toko atau gudang. Dropshipping adalah pilihan terbaik bagi orang-orang yang baru mengenal jual beli dan memiliki dana terbatas.

7. Buka Fotocopy

Ide Bisnis fotokopi tidak memerlukan kemampuan khusus. Masalah teknis dapat dipelajari dengan cepat. Jika Kalian memang ingin fokus pada bisnis ini, Kalian bisa memulainya dengan membuka toko fotokopi di sekitar kampus.

Sebagai permulaan, Kalian dapat membuat fotokopi di kampus atau di lingkungan sekolah. Di lingkungan kantor, seperti kantor pemerintah atau komersial, Kalian juga dapat memulai layanan fotokopi.

Bisnis fotokopi untuk pemula

Lakukan perubahan pada layanan fotokopi Kalian agar unik dan diminati. Misalnya, selama beberapa minggu awal operasi, sediakan layanan fotokopi gratis.

Jika Kalian berhasil membuat bisnis fotokopi di satu lokasi, Kalian dapat memperluas ke beberapa lokasi tambahan.

 

8. Bisnis loket pembayaran PPOB

Bisnis loket pembayaran PPOB

Beragam pembayaran bisa Kalian lakukan di loket PPOB, antara lain pembelian pulsa listrik prabayar atau pascabayar, pulsa telepon, bayar pajak, dan cicilan kredit kendaraan bermotor.

Kalian dapat mendaftar PPOB melalui bank seperti BRI dan Mandiri, serta bank lain yang menawarkan layanan pembayaran PPOB.

Jika Kalian masih tidak yakin tentang sistem atau detailnya, PPOB biasanya dapat membantu. Yang perlu Kalian lakukan sekarang adalah membaca instruksi dan memahami teknisnya.

Loket PPOB cocok digunakan di area perumahan, setting kampus, dan setting pasar. Karena syarat pembayaran di loket PPOB menguntungkan masyarakat dan membuat pembayaran lebih nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *